Rabu, 02 Januari 2013

TEKNOLOGI ADALAH BUDAYA MANUSIA


TEKNOLOGI ADALAH BUDAYA MANUSIA
Mia Ira Antika
(Pendidikan Ilmu Komputer)
Abstrak. Apakah budaya? Pertanyaan itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan dan dicari jawabnya. Seolah-olah jawaban atas pertanyaan itu tidak pernah ada, atau mungkin ketika ditemukan jawabannya oleh seseorang, maka yang didefinisikan itu (budaya) lantas berubah. Oleh karenanya orang tak pernah sampai pada keputusan final yang disepakati oleh semua orang. Apalagi budaya dilihat dari kacamata berlainan tergantung yang melihatnya. Alhasil konsep budaya berbeda-beda tergantung siapa yang mendefinisikan konsep tersebut. Apa hubungannya antara budaya dan teknologi, untuk sebagian orang mengira bahwa budaya dengan teknologi adalah sesuatu yang tak bisa disatukan atau dipadukan, seolah dua sisi hal yang bebeda dalam kehidupan ini. Namun pada kenyataannya pada era globalisasi ini, dengan persaingan yang begitu ketatnya bisakah kita menunjukan budaya suatu daerah/ bangsa tanpa teknologi? Jawabnya ya tentu bisa. Tapi bisakah mempertahan kan budaya  suatu bangsa tanpa teknologi? Nah perlu di pikirkan kembali, Zaman sekarang ini sudah tidak heran lagi kalau teknologi merupakkan suatu budaya manusia.
Kata Kunci: Budaya, teknologi, manusia
Pendahuluan
Sebelum kita membahas peranan teknologi dalam budaya, kita pahami dulu apa itu budaya dan teknologi. Saya akan paparkan salah satu definisi budaya menurut Herskovits, yang mendefinisikan budaya sebagai hasil karya manusia sebagai bagian dari lingkungannya (culture is the human-made part of the environment). Artinya segala sesuatu yang merupakan hasil dari perbuatan manusia, baik hasil itu abstrak maupun nyata, asalkan merupakan proses untuk terlibat dalam lingkungannya, baik lingkungan fisik maupun sosial, maka bisa disebut budaya.
Kemudian definisi teknologi  menurut Caster (Capra,2004:107) “Teknologi adalah sebagai kumpulan alat, aturan, dan prosedur yang merupakan penerapan pengetahuan ilmiah terhadap suatu pekerjaan tertentu dalam cara yang memungkinkan pengulangan”. Sardar (1987,161) “Teknologi adalah sarana pemecahan masalah mendasar dari setiap peraaban”.
  
Pembahasan
Bicara mengenai teknologi merupakan hal yang amat menarik untuk dibahas. Teknologi, dari masa ke masa semakin berkembang bahkan makin cepat dan pesat. Teknologi berkembang seiiring dengan semakin pandainya manusia. Manusia yang semakin berpikir kompleks, juga semakin menuntut segala sesuatunya menjadi instan. Dari situlah teknologi dibutuhkan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Teknologi terbukti menghasilkan efisiensi, efektifitas, dan hasil yang cepat didapat.
Dewasa ini kita memang sudah tidak bisa berlepas lagi dengan sesuatu yang berbau teknologi, mulai dari kita bangun tidur sampai tidur kembali. Bagaikan sesuatu yang sudah biasa dan tidak sadar bahwa segala aktivitas dan pendukung hidup kita sehari-hari merupakan suatu teknologi. Sehingga budaya kita sehari-haripun tidak terlepas dari  teknologi. Budaya merupakan suatu aset yang begitu berharga dari sebuah bangsa. Karena fungsi budaya salah satunya merupakan sebuah ciri khas atau identitas suatu bangsa. Apa yang terjadi jika budaya tanpa teknologi? Coba bayangkan andai budaya yang kita miliki tidak sedikitpun menggunakan teknologi, bisakah fungsi budaya itu terimplementasikan? tidak. Mengapa? Karena teknologi adalah budaya manusia.
Jika kita memahami bahwa teknologi adalah sesuatu yang berkaitan dengan sebuah alat canggih yang modern, saya katakan itu salah karena alat itu hanya merupakan bagian dari sebuah tekologi. Pendukung kerja/aktivitas atau apapun itu yang bisa mempermudah, mengefektifkan dan mengefisienkan kerja/aktivitas kita, itu bisa disebut teknologi.
 Kegiatan manusia tidak akan terlepas dari kegiatan membuat dan menggunakan. Kegiatan manusia itu merupakan bentuk dari teknologi itu sendiri. Kegiatan membuat dan menggunakan pasti tidak akan lepas dari ilmu membuat dan ilmu menggunakan. Ilmu alam sebuah teknologi ini merupakan kumpulan dari pengetahuan yang didapat manusia dari berbagai sumber. Jadi memahami teknologi tidak dapat dipisahkan dari ilmu pengetahuan alam dan rekayasa. Ilmu pengetahuan alam adalah input bagi proses ilmu rekayasa sedangkan teknologi adalah hasil proses rekayasa.
Jelaslah bahwa teknologi itu sudah merupakan kebudayaan/ kebiasaan manusia. Dengan meningkatnya teknologi maka meningkat pula kebudayaan manusia. Teknologi mempunyai peranan yang sangat besar dalam kemajuan dan kelestarian suatu kebudayaan manusia. Dengan begitu untuk meningkatakan kebudayaan dan mertahankan kebudayaan terutama kebudayaan bangsa maka terus tingkatkanlah teknologi tersebut, dalam artian teknologi yang mampu memajukan dan mempertahankan budaya tersebut. Hingga nantiya mampu menteknologikan budaya dan membudayakan teknologi.
Penutup
            Tidak ada manusia yang sempurna, semua pasti memiliki kelemahan. Kelemahan yang ada pada diri manusia itu kemudian diminimalisir dengan adanya teknologi agar kelemahan yang dimiliki manusiapun menjadi sedikit berkurang. Tetapi barang-barang buatan tidak hanya terbatas pada kelemahan manusia saja tetapi sesuatu yang tadinya belum terpikirkan. Budaya manusia yang ada dalam lingkungan kita sehari-hari tak telepas dari sebuah teknologi.
Pustaka rujukan
Achmanto, Mendatu. (2007). Definisi-definisi budaya”. [Online].Tersedia://http:smartpsikologi . blogspot.com/2007/08/apakah-budaya.html. [06 Februari 2011].
Dedi, Aji.(2010).Definisi teknologi”.[Online]. Tersedia: http://ajidedim.wordpress.com/teknolo gi-islami /technology/. [06 Februari 2011].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar